Minggu, 07 Juni 2015

PESONA ALAM PANTAI DLODO KABUPATEN TULUNGAGUNG

PESONA ALAM PANTAI DLODO
  DI KABUPATEN TULUNGAGUNG 

Assalamu'alaikum wr.wb gaes!!
Tau ga sih kalo Tulungagung tuh menyimpan objek wisata bahari yang super duper eksotik? Ga kalah deh ama yang namanya pulau Dewata Bali sono noooh. Nah ini dari pada ane dibilang hoax alias ngomong doang bin abal-abal, langsung aja nih kita bahas secara mendalam tentang betapa eksotiknya pantai ini. Dan ini baru salah satunya aja loh gaes, yaitu Pantai Dlodo.

Pantai Dlodo terletak di Desa Dlodo, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia (ya iyalah ya, INDONESIA). Sebelum ane kasih tau mana-mananya dan gimana-gimananya nih, ini niiiih tak pamerin dikit dulu gimana to penampakan dari Pantai Dlodo ituuuu....


 Ombak Pantai Dlodo

Pantai Dlodo
Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung

Kenapa sih dan ada apa sih di Pantai Dlodo ini? Iyalah men, pantai ini ane golongin ke dalam pantai nan eksotik, itu karena:
1. Pantai Dlodo adalah pantai yang mempunyai ombak tertinggi dari sekian banyak pantai-pantai indah yang ada di Kabupaten Tulungagung, yaitu sekitar 7 meter pada hari normal. Dan mencapai 10-12 meter pada saat SUPER MOON.
2. Pantai Dlodo adalah pantai dengan garis pantai terpanjang di Kabupaten Tulungagung, yaitu panjangnya mencapai 2000 meter atau 2 km.
3. Pantai Dlodo adalah satu-satunya pantai di Tulungagung (atau mungkin di Jawa Timur dan bahkan di Indonesia) yang mempunyai gurun pasir berbukit, lengkap dengan gelombang-gelombang pasir tertiup angin.
4. Pantai Dlodo adalah pantai berpasir putih dan hitam. Hitamnya ini bukan pasir, namun bijih besi. 
5. Di Pantai Dlodo ini terdapat sebuah rawa-rawa yang indah banget, tedyh, hijau, asri, berair tawar yang super bening.

 Gurun Pasir Pantai Dlodo

Sahara nya Pantai Dlodo

Spot sisi kanan Pantai Dlodo

Sapi-sapi yang dipelihara dengan cara dilepas di Pantai Dlodo.

Benar-benar pantai yang indah di Tulungagung.

Rawa Mutiara, Dlodo Beach.

Rawa Mutiara Pantai Dlodo nan asri dan alami.

Lompat sambil bawa bendera itu menyenangkan!!

Kegiatan memancing tradisional di Pantai Dlodo.

Pantai indah dengan gurun pasir berbukit.

Soft landing at Rawa Mutiara, Dlodo Beach, Tulungagung.

Oke gaes, langsung saja nih ane kasih petunjuk arahnya yah.... *Cekriiiiikkkk....!!!

DARI SURABAYA
Kalau broh 'n sistah pada naik pesawat terbang, maka belilah tiket pesawat dengan tujuan Surabaya (SUB), kemudian menuju terminal Purabaya (Bungurasih), kemudian pilih bus yang menuju TULUNGAGUNG. Biasanya PO. Harapan Jaya dan Pelita Indah. Untuk yang Eksekutif hanya tersedia dari PO. Harapan Jaya. Tarif untuk bus, ekonomi AC tarif biasa adalah Rp 26.000,- (Harapan Jaya) dan Rp 24.000,- (Pelita Indah). Untuk yang eksekutife bin PATAS adalah Rp 55.000,- (Harapan Jaya). Sementara untuk waktu tempuh dari Surabaya ke Tulungagung adalah kurang lebih 4 jam perjalanan.
*Saran: mendingan nih gaes milih yang AC tarif biasa aja, karena nyampainya juga lebih cepat, dan jangan khawatir...bus ke Tulungagung itu walau ekonomi tapi penampakannya mirip eksekutif loh...yaaah bisa dibisa dibilang BAGUS gitu lah mennn...

DARI TERMINAL TULUNGAGUNG
Setelah broh 'n sistah sampai di Terminal Gayatri Tulungagung, akses menuju ke Pantai Dlodo bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi (maaf nih ya, pantai ini masih virgin gaaaeeesss...jadi harap maklum) hehehe...ngeles!!
Dari Terminal Tulungagung, ambil lurus ke arah timur atau menuju PEREMPATAN TAMANAN dan masih lurus lagi melewati PEREMPATAN JEPUN kemudian masih terus lurus melewati PEREMPATAN BIS NGGOLING dan tetap lurus saja sampai ada PEREMPATAN TRAFICT LIGHT dengan nama yang sering disebut dengan PRAPATAN GRAGALAN. *semua perempatan yang disebut tadi ada lampu merah kuning ijo nya!!!
Dari perempatan terakhir tadi, langsung aja belok kanan menuju KECAMATAN KALIDAWIR. Ikutilah petunjuk arah PANTAI SINE. *petunjuk arah pantai Sine itu udah nongol beberapa saat setelah kita belok kanan tadi kok, pokoknya cari tulisan itu sampai nemu, dan ikuti...ikuti...!!!

Setelah broh 'n sista masuk di KECAMATAN KALIDAWIR (masih mengikuti petunjuk arah Pantai Sine), perhatikan kantor KECAMATAN KALIDAWIR dan lurus saja ikuti arah Pantai Sine, samapai ada pertigaan dengan POS KAMLING tepat berada di TENGAH PERTIGAAN!! Kemudian ambil ke arah kiri. Dari sini, jalan mulus memasuki kawasan hutan vegetasi jati sampai masuk Kecamatan Pucanglaban. Bila menemukan pertigaan, maka ambillah yang kanan, atau bila ragu-ragu, jangan segan untuk bertanya kepada warga tentang arah pantai Dlodo atau DESA DLODO supaya tidak tersesat di hutan.
Pertigaan yang saya maksud disini mempunyai ciri-ciri jalanan yang kurang bagus...atau bisa dibilang rusak dikit gitu deh...wkwkwk... Naaah itu terus luruuuusss sampai masuk DESA KALI GEDE dan lurus saja sampai ada pertigaan yang ada PATOK BETON di pojokan, lalu ambil kanan ya gaaaeess.... Dari sini, jalanan memasuki kawasan hutan vegetasi rapat dengan selang-seling perkebunan kelapa. Lurus saja melewati jalan aspal, cor semen, batu-batu, sampai menemukan SD SWASTA DESA DLODO. Kalo udah nemu SD ini, berarti perjalanan broh 'n sistah udah berhasil, karena tepat di ujung jalan ituuuuu adalah PANTAI DLODO nan EXOTIC!!!


SD Swasta Dlodo
Kecamatan Kalidawir

Petunjuk Jalur Evakuasi Gelombang Tsunami
Pantai Dlodo

Oke gaes, demikian ane buat referensi salah satu objek wisata bahari dari Kabupaten Tulungagung. Nantikan review ane selanjutnya yaaa...MASIH di PESONA ALAM KABUPATEN TULUNGAGUNG!!

Note:
*jangan kotori tempat ini dengan sampahmu!!
*jangan jadi penyampah di tempat yang indah!!
*menyampah sembarangan sama dengan membunuh anak cucumu!!
*jadilah traveller yang ramah lingkungan, utamakan kewajiban, jangan lupakan ibadahmu!! 

Kalau broh 'n sistah butuh info, silahkan tanya2 yaaa...
Tengkyuuuu 'n wassalamu'alaikum wr.wb!!!

33 komentar:

  1. Terimakasiih gan infonyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap, sama-sama...semoga bermanfaat...

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    3. Jangan ngaco di blog saya! Terima kasih Bu.

      Hapus
  2. Bang saya mau tanya.
    Medannya bisa ditempuh pakai kendaraan roda 4 ndak?

    Terima kasih sukses selalu bro.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, tp jgn pake sedan yaaa...

      OK, thanks so much!! Good luck!!

      Hapus
  3. Terima kasih bang infonya.
    Sangat membantu sekali...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, Siap, kalo butuh fast response, bisa hubungi sy di 081331260487 atau di 2b8ef1a9. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  4. Terima kasih bang infonya.
    Sangat membantu sekali...

    BalasHapus
  5. mau tanya....

    jalanannyaekstrim gak ya karena rencana pengen ajak orangtua juga nih :-(
    kalo ekstrin kasian juga ke ortu

    makasih infonya :-)

    BalasHapus
  6. Mohon maaf mau tanya. Kalo dari terminal bis gayatri tulungagung ke pantai apa gak ada angkutan umum?? Soalnya mau ke tulungagung naik bis, di terminal tulungagung gak ada penyewaan motor kah??

    BalasHapus
  7. Gan mau tanya dipantai dlodo ada yg jualan makanan atau tempat KM umum?

    BalasHapus
  8. Gan kata temen ane disitu bs buka tenda bermalam d pinggir pantai y. Apa itu bnr. Thx

    BalasHapus
  9. Iya bener, bisa mas...tapi hati2 bila angin kencang dan ombak tinggi ya...cari tempat bangun camp yg aman...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kendaraan roda empat bs parkir dkt pantai t gan..

      Hapus
    2. Kendaraan roda empat bs parkir dkt pantai t gan..

      Hapus
    3. Bisa mas... Jgn bawa sedan ya...

      Hapus
  10. Bro Pantai dlodo itu separo masuk desa panggungkalak kec.Pucanglaban yg separo masuk desa Rejosari kec.Kalidawir yak.... Gw aseli orang sana Broh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okay...makasih infonya bang...tar ku revisi yaa...

      Hapus
    2. Okay...makasih infonya bang...tar ku revisi yaa...

      Hapus
    3. ini arah kedung tumpang itu to mas??

      Hapus
  11. Mas pakai mobil beneran bisa?

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Bearti gak sma kya pasir putih dong,gak bsa buat berendem jga. Gak bsa buat maen anak" Kecil yg suka air? Mohon infonya...pantai mna aj yg bsa buat anak" Kecil berenang ya selain pantai prigi🙏🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rata-rata pantai di Tulungagung bahaya loh mbak buat berenang. Karena selain berhadapan dengan samudra Hindia secara langsung, juga tidak adanya pulau-pulau kecil sebagai penghalang ombak. Tidak seperti pantai2 di Gunung Kidul, Jogjakarta. Hmmmm...ada sih pantai Kedung Tumpang. Bisa cek di blog saya ini juga. Tapi ini pun juga harus sangat hati-hati sebab kondisi ombak yg bisa berubah secara tiba2.

      Hapus
  14. keren banget lokasinya. mau tanya, apa akses perjalanan menuju lokasi mulus atau berliku-liku?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jalannya mulus sampe di permukiman warga, sekitar 1 km sebelum pantai jalan mulai ancur (aspal rusak) dan ada sebagian jalan juga yang sudah di cor

      Hapus